Pages

Saturday, February 12, 2011

Ayo menulis dan terbitkan!

Ehm, I'm not a professional author that have a lot of writing has been published. Neither a perfect writer nor the most creative one. I just want to share a piece of knowledge that I knew for people who loves writing and want to try to publish it. These are my tweets yesterday, but I thought it is good to be shared here too. Hope you enjoy!

Buat temen2 yg suka nulis dan mau menerbitkan tulisannya berbentuk buku, aku bakal kasih info nih!

Baca lagi tulisan kamu dan pastikan tidak mengandung SARA, tidak seronok, dan tidak kasar. Dan pastikan tulisan kamu enggak menjiplak.

Setelah yakin tulisanmu oke, periksa yuk penulisannya. Jangan GeDe KeCiL, disingkat2, atau font yg sulit terbaca. Naskahmu kan perlu dibaca.

Setiap penerbit punya kriteria masing2. Ex: @GagasMedia minimal 75 halaman A4, single space, font 12 tnr/ariel. Cari tau!

Setelah memenuhi kriteria dari penerbit, print out naskah tulisan kamu dan jilid yg rapih. Jangan dengan tinta yg mencolok; pink, kuning.

Sertakan juga sinopsis dan surat dari kamu menyertai naskah. Ini memudahkan editor untuk mengetahui naskah kamu.

Kirim naskah kamu ke penerbit, dan bersabarlah. Penerbit menerima ratusan naskah tiap harinya dan semua harus dibaca.

Kalau penasaran dengan nasib naskah kamu, boleh telp utk menanyakan kabar at least 3-6 bulan setelahnya. Enggak mungkin instant!

Sebelum dikirim, ada baiknya sebar naskahmu kebeberapa teman yg suka membaca dan tanya pendapatnya. Terima kritiknya!

Please jangan latah kalo bikin cerita kalo kamu enggak bisa membuat cerita jd berbeda. Misal: jadian sm artis korea. Hello!

Yang paling penting dalam menulis adalah, jadi diri sendiri, tetap nulis apapun bentuknya, banyak baca, dan logic.

Boleh mengidolakan penulis lain, tapi bukan berarti menyamai gayanya. Dan baca banyak genre!

Nulis cerpen dan novel berbeda sama nulis naskah film. Jadi jangan dikira mudah pindah2. Perlu sama2 belajar.

Enggak ada salahnya ikut workshop penulisan dari mana2. Ilmu itu mahal!

Pasti akan selalu ada penulis yg lebih baik. Tapi setiap penulis akan punya karakter sendiri. That's why u need to be ur self when writing.

Jangan pernah takut menulis. Selain bisa melegakan hati, meluapkan ide, jg bisa menghasilkan :)

Modal bagus buat nulis : kamus thesaurus. Kekayaan penulis adalah kata2 dan sudut pandang. Happy writing!

Yes that's all. Last but not least, no matter what keep writing, even on good mood or bad. Happy writing everyone!

Love and hugs,
Ketty Tressianah



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

1 comment:

  1. I used to admire Raditya Dika. He was influenced me to write and I thought : might it will be good being famous as a writer.

    But now I admiring myself. My blog has delivering me to a world that I never know before and today it's become a living eye witness of my own journey.

    Now, I ain't asking a comment.
    I just write down of something which really touch my heart.

    Hey.. your english skill is getting awesome day by day. May you teach me some technique.

    ReplyDelete